Friday, July 19, 2013

Ksatria Pemberani Itu Memeluk Islam




Kala itu, Rasulullah tengah duduk merenungkan nasib ummat Islam yang  berada dalam kondisi terzalimi oleh kaum kafir Qurays. Pandangan beliau menyapu situasi kota Makkah melalui sebuah sudut di halaman rumah seorang sahabat, al-Arqam al Makhzumi.

Saat itulah, Abu Jahal dan beberapa temannya lewat. Ia  turun dari kudanya dan tertawa berputar-putar mengelilingi  Rasulullah sambil berkata,

“Lihatlah penyihir ini, lihatlah orang gila ini, dia tidak bisa tertawa seperti kita,dia hanya diam..! ha..ha..ha..”

 Perbuatan Abu Jahal itu memang disengaja untuk menghina dan memancing kemarahan Rasulullah. Namun kekasih Allah itu bergeming. Beliau tak menghiraukan ejekan Abu Jahal.

Menjadi gemas karena merasa diacuhkan oleh  Rasulullah, Abu Jahal dengan mata nanar  menunduk, mengambil segenggam pasir dan menaburkannya diatas kepala suci Nabi, dan lagi lagi perbuatannya itu diiringi dengan tawa keras. Tawa  keras Abu Jahal disambut tawa sahabat-sahabatnya.

Rasulullah dengan kesabaran beliau yang luar biasa bangkit,  menebas-nebaskan pasir dari kepala dan bajunya  kemudian pergi dari tempat itu.

Penghinaan Abu Jahal kepada Rasulullah ini rupanya disaksikan oleh seorang gadis kecil putri  dari seorang budak milik keluarga Abdullah bin Ju’dan. Rumah tuannya yang bersebelahan dengan rumah al-Arqam, membuatnya leluasa melihat apa yang terjadi.

 Gadis kecil ini hatinya sedih melihat apa yang terjadi pada Nabi Muhammad saww, rasanya ia begitu marah namun bingung harus berbuat apa.

Selang beberapa saat kemudian, dilihatnya Hamzah bin Abdul Muthalib lewat di hadapannya. Terlintas dalam pikiran bocah kecil ini untuk melaporkan apa yang baru saja terjadi pada Paman Rasulullah itu. Bukankah Hamzah adalah ksatria yang sangat terkenal dengan keberaniannya?  Bukankah paman sekaligus saudara sepersusuan Rasulullah ini sangat menyayangi beliau?

Gadis kecil itu melihat tampaknya Hamzah  baru datang dari berburu, ia masih membawa busur dan panahnya. Seketika pikiran gadis kecil ini dipenuhi berita yang sering ia dengar, kalau pemuda Arab akan bangga jika bisa mendapatkan buruan satu  ekor singa, maka bagi Hamzah, mendapat dua atau tiga ekor singa adalah hal biasa. Ia bahkan bisa menang bila bergulat tanpa senjata dengan seekor singa. Oleh karena itu, di kalangan bangsa Arab,  tidak ada yang berani melawan Hamzah bin Abdul Muthalib.

Segera saja gadis kecil itu menemui Hamzah,

“ Wahai  Abu Amara!“ katanya memanggil Hamzah dengan nama julukannya. “ Abu Jahal telah menyakiti putra saudaramu!” lanjutnya dengan napas memburu.

Seketika ekspresi wajah Hamzah menjadi begitu serius. Beliau amat menyayangi Muhammad dan tak rela bila sesuatu yang buruk terjadi padanya, ditunundukkannya kepala dan ditatapnya  gadis kecil dihadapannya dengan tajam,

“Katakan padaku apa yang terjadi!” desak Hamzah segera ingin tahu

Gadis kecil itu menjelaskan peristiwa penghinaan Abu Jahal dan teman-temannya pada Rasulullah. Wajah Hamzah seketika memerah. Ia tak terima atas perlakuan Abu Jahal kepada Muhammad. Dengan langkah tergesa  ia mencari Abu Jahal.

Abu Jahal dan sahabat-sahabatnya tengah berkumpul di sekitar Ka’bah, Hamzah Sang Singa padang pasir  segera masuk ke dalam kerumunan itu dan menerkam Abu Jahal. Ia  memukul kepala Abu Jahal dengan busur yang dibawanya. Abu Jahal ketakutan setengah mati. Ia jatuh terlentang. Wajahnya pucat pasi melihat keganasan Hamzah yang terlihat begitu marah.

 Beberapa orang sahabat Abu Jahal yang berusaha melepaskan cengkeraman Hamzah, terpental dengan sekali kibasan tangannya. Orang-orang menjadi ramai. Suara mereka riuh rendah menyaksikan apa yang terjadi.

Abu Jahal yang masih dalam cengkeraman Hamzah berusaha menenenangkan saudaranya.

“ Te-te-tenang dulu, “ katanya terbata-bata

“ Apa yang kau lakukan pada Muhammad??!!” menggelegar suara Hamzah di telinga seluruh yang mendengarnya kala itu.

“A-a-aku melakukannya ka-ka-rena ia telah menghina tuhan-tuhan kita,” ucap Abu Jahal membela diri.

Hamzah yang masih terlihat begitu marah menimpali ucapan Abu Jahal tersebut,

“ Bukan hanya Muhammad! Akupun benci dengan tuhan-tuhan batu kalian! Sekarang apa yang mau kau lakukan kepadaku?!!!”  gelegar suara Hamzah lagi-lagi terdengar, ia menantang keberanian Abu Jahal.

Tapi tak ada yang berani menjawab tantangan Hamzah. Nyali mereka yang ada disana telah menciut. Mereka hanya bisa terperangah mendengar ucapan Hamzah yang menghina berhala sembahan mereka.

Dan mereka semakin terkejut lagi karena sesaat kemudian Hamzah berdiri dan  berucap dengan lantang. “

                     AKU BERSAKSI TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH!

 DAN AKU BERSAKSI MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH !”

Abu Jahal seketika menjadi lemas, begitu juga pembesar-pembesar Qurays yang hadir disana. Suara gumaman,bisik-bisik bahkan celotehan pelan bak dengungan lebah riuh rendah di seantero Mekkah. Semua membicarakan keislaman Hamzah. Sang Pemberani yang tak terkalahkan itu kini telah masuk Islam. Hal ini menjadi kekalahan tersendiri bagi kaum Qurays dan berita gembira bagi ummat Islam.

Hamzah meninggalkan Abu Jahal dan kerumunan orang-orang.  Beliau menemui Muhammad kekasih Allah dengan berlinang air mata. Ia disambut Rasulullah dengan gembira,mereka berpelukan. Disertai senyum bahagia muslimin yang menyaksikannya.

Masuk Islamnya Hamzah bin Abdul Muthalib menjadikan tekanan kepada ummat Islam sedikit berkurang. Kaum kafir takut berurusan dengan Hamzah. Rasulullah saww  kemudian memberinya gelar Asadullah yang artinya Singa ALLAH.

 Hamzah Asadullah membuktikan kesetiaan dan kecintaannya pada Islam. Ia dan Ali bin Abi Thalib as menjadi pahlawan  yang menumpas musuh terbanyak di Badar, ia terus membela Islam hingga mencapai kesyahidannya dalam perang Uhud, ketika seorang budak bayaran bernama Wahsyi menombaknya secara sembunyi-sembunyi dari belakang.