Thursday, November 16, 2017

Wafatnya Nabi Muhammad SAWW

Setelah kembali dari perjalanan Haji yang dikenal dengan Haji wada’ (perpisahan) dimana peristiwa Ghdir Khum terjadi,  Nabi Muhammad saww jatuh sakit. Sebuah kelompok mengambil keuntungan dari kesempatan ini dan mengklaim diri mereka sebagai Nabi. Nabi Muhammad saww memerintahkan Nabi –nabi palsu itu diperangi karena berbahaya bagi ummat, akhirnya semua dari mereka terbunuh.

Suatu hari ketika Nabi sudah sangat sakit dan tidak sehat, beliau saww dengan bantuan dan Imam Ali as mengunjungi makam sahabat-sahabatnya di pemakaman Baqi. Kemudian beliau kembali ke rumah.

Hari demi hari, penyakit Nabi saww semakin parah sampai akhirnya Nabi saww menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan Imam Ali as pada hari Senin tanggal 28 Safar tahun 11 Hijrah, yang membuat seluruh dunia Islam sedih dan berduka.

Mengenai peristiwa syahadah Rasulullah saww, diriwayatkan dari Ummu Salamah,



"Demi Allah, orang yang paling dekat [kepada Nabi] pada saat kematian Nabi adalah 'Ali. Pada pagi hari ketika beliau akan meninggal, Nabi memanggil Ali yang sebelumnya dikirim keluar dalam suatu tugas. Beliau menanyakan Ali sebanyak tiga kali sebelum dia (Ali) datang. Kemudian Ali datang sebelum matahari terbit.  Jadi, karena kami berpikir bahwa Nabi membutuhkan privasi dengan Ali, kami keluar. Saya adalah yang terakhir keluar, karena itu, saya duduk lebih dekat dengan pintu (kamar Nabi) dari pada wanita lain, saya melihat bahwa Ali menundukkan kepalanya ke arah Nabi,  dan Nabi terus membisikkan sesuatu ke telinganya. Oleh karena itu, Ali adalah satu-satunya orang yang berada di dekat Nabi saat akhir hayatnya.”

Al-Hakim, dalam Mustadrak-nya meriwayatkan  bahwa:

"Nabi terus menyampaikan rahasia-rahasia kepada Ali sampai saat wafatnya, lalu beliau menghembuskan napas terakhir."

Ibn al-Wardi menunjukkan bahwa orang-orang yang memandikan jenazah Nabi adalah:

"Ali, Abbas, Fadhl Qutham, Usamah dan Shaqran. Abbas, Fadhl dan Qutham memutar tubuh, Usamah dan Shaqran menuangkan air, dan Ali meratakannya ke tubuh beliau."



Tarikh al-Khamis menambahkan hal berikut:

"Abbas, Fadhl dan Qutham memutar tubuh dari satu sisi ke sisi yang lain sedangkan Usamah dan Shaqran menuangkan air ke atas jenazah beliau, mereka semuanya ditutup matanya."

Ibn Sa'd menceritakan hal berikut dalam kitab Tabaqat-nya bahwa:

"Ali meriwayatkan bahwa Nabi telah memerintahkan yang demikian karena jika seseorang kecuali dirinya (Ali) memandikan jenazahnya, maka dia pasti akan menjadi buta."

Abdul-Barr, dalam bukunya Al-Isti'ab, mengutip 'Abdullah ibn' Abbas yang mengatakan: "Ali memiliki empat kehormatan khusus yang  luar biasa yang tidak satupun dari kita memilikinya:

• Dari semua orang Arab dan non-Arab, dia adalah orang pertama yang melaksanakan sholat bersama Nabi.

• Dalam semua pertempuran di mana dia berpartisipasi, dia satu-satunya yang memegang bendera Nabi di tangannya.

• Ketika orang-orang melarikan diri dari medan perang meninggalkan Nabi sendiri, 'Ali bin Abi Thalib berdiri tegak di sisi Nabi.
• Ali adalah satu-satunya orang yang memandikan dan menguburkan jenazah Nabi . "


Mengenai usia beliau, Abul-Fida 'menulis:

"Meski ada perbedaan pendapat tentang usia Nabi, namun menurut riwayat yang terkenal, beliau  nampaknya telah hidup selama 63 tahun."

Nabi Muhammad adalah saksi, pembawa berita gembira,  pemberi peringatan kepada umat manusia, juga penyeru kepada Allah serta cahaya yang menerangi kita semua

“Hai Nabi sesungguhnya kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan,’ dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi. (Al-Qur’an, surat Al-Ahzab ayat 45-46)

Beliau memang meninggalkan dunia ini, tapi risalahnya tetap abadi selamanya. Allah menekankan di dalam Al-Qur’an, surat Al-Hashr ayat 7

dan Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah.