Saturday, December 14, 2013

USHULUDDIN



USHULUDDIIN

Prinsip-Prinsip Dasar Agama ada 5

             
           1.Tauhid(Keesaan Allah)
Tauhid berarti bahwa Tuhan itu Esa. Ia tak memiliki sekutu dan tak memerlukan teman. Dia tidak beranak dan diperaakkan. Dan tak ada sesuatupun yang seperti Dia.

2.Adl(Keadilan Tuhan)
Adl berarti Allah itu adil dan tidak menganiaya hamba-hambanya. Ia akan memberi pahala ataupun menghukum diantara mereka, sesuai apa yang mereka lakukan

3. Nubuwwat(Kenabian)
Allah mengutus para Nabi ke atas ummat manusia sebagai pemberi petunjuk. Dan diantara ciri-ciri mereka yang agung adalah, mereka itu Ma’sum. Ma’sum berarti terjaga dari melakukan perbuatan dosa dan melakukan kesalahan. Seorang Nabi lebih utama dari semua ummatnya, karena ia diutus oleh Allah untuk menyempurnakan manusia dan mengajarkan kepada mereka aturan-aturan kehidupan. Nabi Pertama adalah Nabi Adam as. dan Nabi Terakhir adalah Nabi Muhammad bin Abdullah SAWW. Total jumlah Nabi yang diutus  Allah adalah 124.000 Nabi.

4.Imamah (Kepemimpinan/Keimamahan)
Setelah  Rasulullah SAWW, Allah SWT menunjuk dan mengangkat 12 Imam alaihimis salam. Satu setelah yang lain, untuk memimpin dan memberi petunjuk kepada ummat sampai nanti tiba hari Kiamat. Seperti layaknya para Nabi, para Imam juga suci dan terjaga dari melakukan dosa ataupun kesalahan. Para Imam jumlahnya ada 12. Dan mereka lah yang penerus-penerus Rasulullah SAWW yang sah. Yang pertama dari mereka adalah Imam ALI BIN ABI THALIB dan yang terakhir adalah Imam Zaman, IMAM MAHDI AFTS. Yang masih hidup sampai sekarang dan akan muncul untuk memenuhi bumi dengan keadilan.

5. Ma’ad (Hari Kebangkitan)
Ma’ad berarti bahwa pada saat hari pengadilan tiba, semua orang yang telah mati akan dihidupkan kembali. Mereka yang melakukan keaikan di dunia akan diganjar pahala dan memperoleh surga. Dan mereka yang berbuat buruk di dunia, akan dihukum sesuai perbuatan-perbuatan buruk mereka.


Diterjemahkan dari buku METHOD OF SHALAT
Complid by: Sayyid Muhammad Qadi Mar’ashi    Ansariyan Publication-Qum