Tuesday, December 17, 2013

WUDHU'

                                                                                WUDHU’

            Adalah wajib bagi seseorang untuk melaksanakan Wudhu untuk semua sholat wajib, dengan pengecualian untuk sholat jenazah.


            Dalam wudhu’, kita membasuh wajah dan tangan, dan mengusap kepala dan kaki kita.


BAGAIMANA CARA BERWUDHU?


Pertama-tama, Kita meniatkan wudhu qurbatan ilallah. (mendekatkan diri pada Allah)

1.Kemudian, kiat mulai membasuh wajah. kita harus membasuh dari ujung dahi, yaitu tempat dimana rambut mulai tumbuh, sampai ke ujung dagu. Ukuran selebar apa wajah harus dibasuh, adalah selebar jarak antar ujung ibu jari hingga ujung jari tengah tangan kita. dan kita harus membasuh wajah, dari atas ke bawah.        

  

2.setelah membasuh wajah, kemudian basuhlah tangan kanan kita, dari mulai diatas siku, hingga sampai ke ujung jari-jari kita. melakukannya juga sama, yaitu dari atas ke bawah.




3. setelah tangan kanan, kemudian basuhlah tangan kirimu, lagi dari atas siku sampai ujung jari-jari tangan, dan melakukannya dari atas ke bawah. 





4. setelah basuhan selesai, dengan sisa air yang ada di tangan kanan, kita usap kepala kita ( dengan jarak sekitar satu jari dari mulai tempat tumbuh rambut.)dari belakang, ke depan. kita tak boleh mengambil air lagi, cukup sisa air yang masi menempel di tangan kanan.



5. kemudian, kita mengusappermukaan kaki kanan kita, dengan tangan kanan. Dimulai dari ujung ibu jari kaki, sama, dengan sisa air di tangan kanan, tanpa mengambil air lagi.




6.terakhir, kita mengusap permukaan kaki kiri dengan tangan kiri dimulai dari ujung ibu jari, dengan air yang tersisa di tangan kiri.