Sunday, December 15, 2013

BERKONSENTRASI DALAM SHOLAT





BERKONSENTRASI DALAM SHOLAT

           

Pada saat perang Shiffin, sebuah anak panah mengenai kaki Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. sakit akibat panah tersebut begitu besar. Darah tak henti-hentinya mengalir dari luka di kaki Imam. bagaimanapun para sahabat berusaha mencabut anak panah itu, mereka tetap tidak mampu.

            Para sahabat kemudian mendatangi Imam Hasan al-Mujtaba as. dan menanyakan kepada beliau, apa cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencabut anak panah dari kaki Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib tersebut.
            Imam Hasan as menjawab mereka,
“Bersabarlah, tunggulah sampai ayahku melaksanakan sholat, dan cabutlah anak panah itu, saat ayahku sedang sholat, ayahku sangat khusyuk saat menghadap Tuhannya, memohon dan meminta semua kebutuhannya, sehingga ia tak akan merasakan rasa sakit (karena anak panah) itu.”
        Para sahabat kemudian melakukan sesuai petunjuk Imam Hasan as. mereka mencabut anak panah yang menancap di kaki Imam Ali as, sewaktu beliau tengah shalat menghadap kepada Allah SWT. Setelah Imam Ali as, selesai melaksanakan sholat, beliau menyadari darah mengucur dari kakinya, beliau bertanya pada mereka yang hadir di ditu tenttang apa yang terjadi, dan merekapun menjelaskan, bahwa mereka telah berhasil mengeluarkan anak panah itu sewaktu tadi Beliau sedang sholat.